Friday, October 21, 2011

Jangan Banyak Belajar, Apabila Anda Tak Mau Jadi Bodoh!

Judul yang saya buat bukanlah kiasan, namun itulah judul yang memang ingin saya sampaikan. Tulisan ini melewati beberapa renungan yang saya lakukan selama beberapa hari ini. Melalui introspeksi, koreksi, lalu verifikasi. Ya, judul ini meradiasi berbagai kegiatan saya.

Bagaimana saya bisa membuat pernyataan ini, "Semakin banyak Anda belajar maka itulah yang membuat Anda semakin bodoh!". Mungkin, untuk mendapatkan pemikiran itu saya tak perlu berbicara hal yang terlalu rumit seperti fisika kuantum atau gengnya. Namun, disini saya cukup menganalisis hal yang sederhana dan itu memaksa saya untuk membuat kesimpulan tersebut. Ya, meskipun awalnya saya tak terima jika saya nantinya akan dikatakan bodoh.

Begini, untuk memahami itu dan supaya Anda dapat terhasut dengan pemikiran saya cobalah ikuti pola pikir saya ya, ini sengaja saya katakan di awal agar Anda tak terkejut dengan pemikiran saya. Wajar bukan jika manusia itu melakukan sesuatu supaya orang lain mengikuti apa yang ia lakukan? OK, marilah kita mulai pemikiran kita namun untuk mempermudah ada baiknya Anda menyiapkan kertas sebagai corat-coret.

Anggaplah Anda adalah manusia putih yang sama dengan kertas putih yang Anda miliki. Anda masih kosong. Hal itu analogi dengan kondisi ketika Anda tak berilmu sama sekali. Anda masih bersih. Namun cobalah Anda tuliskan satu saja rumus fisika yang Anda tahu, misalkan hukum II Newton.
F = m a
Ketika Anda menuliskan persamaan di atas hal itu analogi dengan ilmu yang diterima oleh otak Anda. Dan kini Anda memiliki 1 ilmu. Betul bukan? Lalu, apakah Anda dapat dikatan pandai karena memiliki 1 ilmu? Ok, marilah kita koreksi sedikit pekerjaan kita. Disini Anda telah mendapat satu ilmu, yaitu persamaan gaya, ya kan? Namun, cobalah tinjau persamaan Anda tadi, apakah itu m dan a? Darimanakan ia berasal?

Ya, satu kali belajar itu telah membuat kita cukup bodoh bukan? Kita mengetahui satu ilmu namun ada dua hal yang kita tidak tahu yaitu, m dan a. Ya, bukan?

Marilah kita lanjutkan lagi pemikiran ini. Pada saat ini Anda pun semakin belajar untuk mengerti apakah itu m dan a. Ok, cobalah tulis dikertas Anda perkembangan dari m dan a itu. Kita dapat menjelaskan nilai m melalui persamaan ini di bawah ini:
m= mol x Mr
Dan kita pun melanjutkan belajar kita hingga mendapatkan persaman a.
a=v/t

Kini Anda dapat menjawab 2 pertanyaan di atas. Namun analisis lagi hal yang kita dapat seperti pada cara pertama. Anda akan mendapatkan 2 ilmu dari belajar saat ini. Namun, apakah Anda tahu apakah itu mol, Mr, v, dan t?

Ya, proses belajar ini semakin membodohkan Anda bukan? Pada saat ini Anda jadi tidak mengerti 4 hal!

Ok, apabila Anda mau ingin berlanjut marilah kita coba selesaikan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Anggaplah kali ini Anda belajar dengan sungguh-sungguh untuk menjawab 4 pertanyaan di atas. Belajar Anda sukses sehingga Anda dapat menjawab pertanyan tersebut dengan sempurna seperti di bawah ini:
mol=banyak molekul/bilangan Avogadro
Mr=jumlah massa proton+jumlah massa neutron
v=s/t
t= waktu yang merupakan besaran dengan dimensi detik.

Apakah Anda telah sukses untuk mengerti semuanya? Ya, Anda memang mengerti jawaban  dari 4 pertanyaan di atas. Namun, sekali lagi berapa aspek yang Anda tak tahu? apakah banyak molekul itu? berapakah bilangan Avogadro itu? berapakah massa proton itu? berapakah massa neutron itu? apakah itu s? bagaimanakan cara untuk mendapatkan detik, apakah pembanding besaran itu?

Ya, semakin Anda belajar semakin Anda tidak tahu bukan? Semakin Anda belajar wajar bahwa jika Anda semakin bingung. Dan itu berarti justru belajarlah yang membuat kita menjadi bodoh! Coba bayangkan jika Anda tidak pernah belajar sama sekali. Saya yakin Anda tidak akan pernah bertanya, bukan? Ya, tidak akan ada sesuatu yang tidak kita ketahui.

Maka dari itu marilah kita yang selalu belajar janganlah kita semakin sombong, teman. Karena semakin berilmu seseorang justru ia semakin mengakui ketaktahuan dirinya. Jadi, untuk teman-teman yang sombong karena merasa banyak ilmu justru teman-temanlah yang masih sedikit belajar!

1 comment:

  1. sory Bang, tapi menurutku judulnya bukan ..."Jangan Banyak Belajar, Apabila Anda Tak mau Jadi Bodoh "tapi "jangan Banyak Belajar , Apabila Anda Tak MAu Jadi Bingung",,Thanks !!

    ReplyDelete