Wednesday, March 6, 2013

Trik Menyelesaikan Soal: Perbesaran Mikroskop

Mikroskop merupakan salah satu materi yang sering menyita waktu dalam pengerjaan soal UN. Memang sih, sebenarnya soal ini tergolong mudah jika dibandingkan dengan soal-soal yang lain (hehehe piss) namun yang menjadi catatan adalah soalnya bikin ribet. Perhitungan seper-seper (pecahan) mungkin adalah hal yang cukup membuat sakit hati betul ga? Ok, di bawah ini saya beri tips untuk menyelesaikan persoalan mikroskop terutama untuk menghitung perbesaranya. Mengapa saya pilih perbesaran? Karena perbesaran mikroskop merupakan soal yang paling sering muncul dalam UN Fisika selama ini.

Ok, langsung saja masuk ke soal ya, marilah kita bahas soal UN dibawah ini:
1. Perhatikan diagram pembentukan bayangan pada mikroskop berikut:
Jika jarak benda terhadap lensa objektif adalah 1,1 cm, jarak fokus objektif adalah 1 cm, dan jarak fokus lensa okuler adalah 5 cm maka berapakah perbesaran mikroskop tersebut?
A. 25 kali
B. 30 kali
C. 40 kali
D. 50 kali
E. 55 kali

Pembahasan:

Untuk mengerjakan soal seperti ini kita ingat pola perbesaran (M) mikroskop adalah:


M total = M objektif  X  M okuler
Tahap 1:M objektif dapat diselesaikan dengan:

Tahap 2:
M okuler dapat diselesaikan dengan cara berikut:
1. Lihat apakah lensa okuler mengalami perbesaran dengan akomodasi atau tidak. Apabila tidak terdapat keterangan di soal mengenai berakomodasi atau tidak, lihat pola bayangannya. Jika bayangan dari lensa objektif atau benda bagi lensa okuler terletak di fokus okuler (hal ini seperti terjadi pada soal di atas, yaitu bayangan lensa objektif jatuh tepat di fokus lensa okuler) maka itu menandakan benda tidak berakomodasi.
2. Perbedaan rumusan M akomodasi dengan tidak akomodasi adalah:


Sehingga pada soal tersebut karena tidak terjadi akomodasi maka:

Tahap 3:
Kalikan hasil M objektif dengan M okuler:
M total = 10 X 5 = 50 kali

Jawaban: D

Ok, easy betul kan? Cuma butuh tidak sampai 5 langkah kalau kalian kerjakan sendiri di soal UN-nya... Sampai jumpa d tips dan trik berikutnya

2 comments: