Thursday, January 10, 2013

Persamaan Tekanan Sebagai Fungsi Ikhlas

(Sumber gambar: http://fadlilovetohate.blogspot.com/2011/11/10-arti-senyum.html)

Sebagai ilmu dengan universalitas yang tinggi, fisika juga dapat digunakan untuk mengkaji berbagai pengalaman hidup. Sehingga tak heran jika banyak fisikawan berhasil merumuskan kalimat-kalimat hidup secara luar biasa.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi mengenai pandangan fisika saya dalam hidup. Untuk saat ini yang akan saya bahas adalah persamaan tekanan untuk diaplikasikan dalam sifat ikhlas.

Seperti telah kita pelajari sejak sekolah, tekanan (p) merupakan variabel hasil dari gaya (F) pada tiap satuan luas (A). Secara matematika dituliskan dengan:

p = F/A
Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam luasan yang lebih sempit dengan gaya yang sama akan diperoleh tekanan yang lebih besar. Itulah mengapa Anda dapat memotong benda dengan mudah apabila menggunakan pisau yang tajam. Atau Anda dapat menancapkan paku pada beton yang demikian kerasnya. Ya, itu karena luasan bendanya begitu kecil (lancip). Coba saja bandingkan apabila benda yang digunakan itu tumpul. Pasti lebih sulit bukan?

Ok, sekarang kita akan mengaplikasikan persamaan di atas pada diri kita. Anggap F gaya adalah suatu masalah yang akan bekerja pada diri kita. A adalah luasan perasaan atau kelapangan hati dalam menerima masalah (keikhlasan) dan p adalah tekanan perasaan yang dirasakan.

Apabila kita masukkan variabel-variabel tersebut ke dalam persamaan tekanan akan diperoleh suatu kesimpulan yang menarik. Semakin besar nilai A dengan nilai F yang sama akan menghasilkan nilai p yang semakin kecil. Misalkan F yang kita terima adalah 10, jika keikhlasan hati kita dalam menerima masalah adalah 2 maka tekanan yang kita rasakan adalah 5. Tapi, jika keihlasan kita ubah menjadi 5 maka tekanan yang kita rasakan hanya 2.

Kesimpuan yang sangat menarik ini mengingatkan kita untuk selalu ikhlas menerima cobaan. Atau mungkin ada beberapa orang yang menyebutnya dengan sabar. Semakin kita ikhlas maka semakin ringan beban hidup kita. Semakin ikhlas maka semakin jauh penyakit yang siap menyiksa kita. Semakin ikhlas maka hidup semakin terasa indah.

0 comments:

Post a Comment