Saturday, August 23, 2014

Penyelesaian Persamaan Diferensial (Biasa) dengan Wolfram Mathematica



Persamaan diferensial merupakan suatu persamaan yang sangat sering dijumpai dalam fisika. Persamaan gerak, persamaan osilator harmonik, persamaan Schrodinger dan sebagaianya berisi persamaan diferensial. Persamaan ini sebelumnya dipelajari dalam mata kuliah fisika matematik. Seringkali mahasiswa kekurangan berlatih, meski ada beberapa buku yang menyajikan kunci jawaban semisal Mary L. Boas namun itu hanya beberapa soal saja. Sedangkan mahasiswa terkadang sangat ingin berlatih. Ingin mengerjakan sendiri tapi takut salah jika tak ada panduan, itulah alasannya.

Atas masalah tersebut disini kami ingin mengajak teman-teman untuk mulai menggunakan software Wolfram Mathematica.Wolfram Mathematica dapat membantu teman-teman untuk menyelesaikan persamaan diferensial. Berikut yang ingin kami bahas adalah persamaan diferensial biasa.

Format untuk mencari solusi persamaan diferensial biasa dengan Wolfram Mathematica adalah:

DSolve[“persamaan diferensial”, “variabel yang didiferensialkan”, “variabel pendiferensial”]

Atau secara mudah cek saja contoh-contoh berikut, contoh tersebut terdapat dalam buku Mary L. Boas dan terdapat solusinya. 


Namun jika ingin lebih lengkap lagi, teman-teman dapat melakukan semuanya di Wolfram Alpha yang terkoneksi dengan internet. Dalam versi premiumnya, Wolfram Alpha dapat menunjukkan step by step mendapatkan solusi tersebut. Tentu saja hal itu mempermudah kegiatan belajar teman-teman. Namun jika tidak mampu mengupgrade ke premium silahkan download full-nya untuk android disini:

0 comments:

Post a Comment