Tuesday, August 12, 2014

Wolfram Alpha dan Wolfram Mathematica sebagai Latihan Belajar Matematika: Edisi Diferensial

Mungkin banyak dari teman-teman SMA, yang baru mengenal istilah diferensial (atau turunan) mengalami kesulitan untuk memahaminya. Padahal secara fisika, diferensial merupakan aspek yang sangat penting. Banyak sekali persamaan-persamaan fisika yang didapatkan melalui proses diferensial, misal mendapatkan fungsi kecepatan dari posisi, mendapatkan fungsi gaya dari energi potensial, mendapatkan momentum dari Lagrangian dan masih banyak lagi. Diferensial seakan menjadi air ketika kita haus.

Memang, mungkin "perumusan" diferensial itu sesuatu yang sederhana bagi yang sudah terbiasa, tapi yang belum? Oh tentu saja mengalami kesulitan. Misalkan sebuah fungsi F(t) kemudian turunanannya adalah F'(t) maka aturan mainnya mengikuti seperti di bawah, begitu juga kalau misalkan F(t) tersusun dari fungsi u dan v.
Ya, sangat-sangat simpel. Lalu mengapa masih ada yang mengalami dengan hal itu? Saya yakin, permasalahan utamanya adalah karena kurangnya latihan, terlebih lagi untuk yang sudah mengandung trigonometri, apalagi yang akar-akaran seperti itu. Mau latihan, tapi tidak ada soal apalagi kunci jawabannya. Mau bikin soal sendiri tapi takut salah, malah keblinger. Namun tenang saja, situs Wolfram Alpha menyajikan sebuah kabar gembira untuk kita semua, Marlin, good haha..
Dengan adanya Wolfram Alpha, kamu bisa buat soal sesuka kamu dan dia akan menyajikan kunci jawabannya. Dengan demikian cara belajar kamu bakal makin kreatif dan makin meyakinkan.

Untuk membuat hasil dari diferensial, kamu cukup ketikkan awalan "derivatif" ya kemudian dilanjutkan dengan fungsi apa yang mau diturunin. Simpel kan, misalkan nih ya:


Atau mau tes yang sedikit lebih rumit, yang mengandung fungsi trigonometri:

Hahaha gampang banget kan.

Dan kabar baiknya lagi adalah Wolfram Alpha dapat menyajikan solusinya step by step lho, asal kalian upgrade ke versi yang pro alias kalian bayar hehehe. Tapi kalau kalian ga ada uang bisa dapat versi pro gratis, tapi untuk smartphone android. Kalau untuk file itu bisa cek di sini: Download Wolfram Alpha untuk android.

Terus kan, kalau Wolfram Alpha itu harus online nah ada ga yang versi offline? Oh, tenang saja untuk yang offline ada yang namanya Wolfram Mathematica, dan ini lebih keren sebenarnya. Berikut tampilannya:

Tapi kalau Wolfram Mathematica, kalau mau yang pro harus beli atau kalau ga punya uang juga bisa cari yang gratisan di manalah terserah atau juga bisa beli di toko-toko software terdekat.

Ok, sekian dulu lah tutorialnya. Semoga bermanfaat untuk teman-teman yang membutuhkannya dan ingat gunakan software ini untuk kebaikan bukan untuk kejahatan. Terima kasih. Salam fisika.

0 comments:

Post a Comment